Kamis, 06 Mei 2010

Biografi Albert Nobel



BIOGRAFI ALFRED NOBEL



Ahli kimia Swedia Alfred Bernhard Nobel menemukan dinamit pada tahun 1866 dan itu membuatnya kaya. Nobel adalah sebagai tertarik pada drama dan puisi karena ia dalam kimia dan fisika, tapi dalam ilmu-ilmu yang dia membuat dia terkenal, dan pada saat kematiannya, ia pernah lebih dari 350 paten dan pabrik dikendalikan dan laboratorium di 20 negara. Cerita berlanjut bahwa ketika saudara Nobel meninggal, surat kabar secara keliru menerbitkan sebuah obituari Nobel yang menekankan fakta bahwa ia telah menemukan hal-hal yang meledakkan dan membunuh orang. Nobel, tidak ingin diingat dengan cara itu, berjanji kekayaan ke arah perbaikan kemanusiaan. Dalam karyanya akan ia memimpin pendirian sebuah yayasan untuk hadiah penghargaan tahunan untuk pencapaian dalam kimia, fisika, sastra dan upaya menuju perdamaian internasional. Hadiah Nobel dianggap salah satu penghargaan paling bergengsi di dunia dan termasuk hadiah uang tunai hampir satu juta dolar. Pada tahun 1968 bidang hadiahnya diperluas untuk mencakup penghargaan di bidang ilmu ekonomi.

(Lahir 21 Oktober 1833, Stockholm, Swed - meninggal 10 Desember 1896, San Remo, Italia.) Kimiawan Swedia, insinyur, dan pengusaha. Usaha nya untuk menemukan cara yang aman untuk menangani nitroglycerin menghasilkan penemuan dinamit dan topi peledakan. Dia membangun jaringan industri untuk memproduksi dinamit dan korporasi untuk memproduksi dan memasarkan bahan peledak itu. Dia melanjutkan untuk mengembangkan bahan peledak yang lebih kuat dan untuk membangun dan detonator sempurna untuk bahan peledak yang tidak meledak pada pembakaran sederhana (misalnya, ketika dinyalakan dengan korek api). Nobel terdaftar lebih dari 350 paten, banyak yang tidak terkait dengan bahan peledak (misalnya, sutra buatan dan kulit). Sebuah kepribadian yang kompleks, baik dinamis dan tertutup, dia damai, tapi diberi label pedagang "kematian" untuk menemukan bahan peledak yang digunakan dalam perang. Mungkin untuk melawan label ini, ia meninggalkan sebagian besar kekayaan besar, mulai dari bahan peledak di seluruh dunia dan kepentingan minyak, untuk menetapkan Hadiah Nobel, yang akan menjadi yang paling sangat dihormati dari semua penghargaan internasional.

Nobel, Alfred Bernhard (1833-1896), kimiawan Swedia yang mengumpulkan salah satu kekayaan terbesar hari sebagai penemu dinamit. Pasti karier, kaum muda Nobel menemukan sebuah bakat kimia dan rekayasa. Setahun menghabiskan perjalanan keliling Eropa, Amerika Serikat, dan Rusia juga memberikan perspektif komersial, dan ia duduk di atas kembali untuk belajar bahan peledak. Memusatkan perhatiannya pada nitrogliserin, ia mengembangkan ke versi yang lebih aman untuk penanganan, yang dipatenkan sebagai dinamit pada 1862. Dia kemudian dikombinasikan nitrogliserin dengan kapas senjata untuk membuat jelly yang jelas, dipatenkan pada tahun 1867 sebagai gelatin blasting. Dia juga menemukan bubuk tanpa asap disebut ballistite. Pada kedatangan mesiu serupa pada tahun 1889, ia tidak berhasil menggugat pemerintah Inggris untuk pelanggaran salah satu 355-nya paten. Pada saat itu ia juga menemukan detonator menggabungkan marah merkuri, yang memungkinkan bahan peledak lain yang akan berangkat akan. Aplikasi militer penemuannya yang signifikan, karena mereka bertepatan dengan berpindah dari moncong-loader untuk senjata sungsang-loading yang diperlukan amunisi dengan lebih kuat ledakan di sebuah kapsul mandiri. bubuk peledakan Nya dan sekering juga berperan penting dalam kebangkitan dari granat tangan tak lama setelah kematiannya. Dia meninggal kecewa dengan penemuan, dan, memiliki keluarga, meninggalkan harta di percaya untuk pembentukan Hadiah-hadiah lima hari ini Nobel untuk Fisika, Kimia, Fisiologi atau Kedokteran, Sastra, dan, selalu kontroversial, Perdamaian.


    
Ahli kimia Swedia Alfred Bernhard Nobel (1833-1896) menemukan bahan peledak dinamit dan lainnya, tapi dia paling diingat untuk Hadiah Nobel, yang diberkahi dengan sebagian besar kekayaan pribadinya.
Nobel Alfred lahir 21 Oktober 1833, di Stockholm. Ayahnya, miskin di Swedia tahun 1830-an, lebih beruntung di Rusia dan pada 1842 telah memantapkan dirinya di St Petersburg rekayasa dan kepedulian persenjataan. Dari sana pada tahun 1850 Alfred Nobel ditetapkan pada tour 2 tahun dari Eropa Barat dan Amerika Serikat, mencari gagasan dan kontak dalam rekayasa. Pembatalan kontrak amunisi setelah Perang Krimea melumpuhkan keprihatinan St Petersburg, dan ayah Nobel kembali miskin.
Alfred Nobel tetap di Rusia ketika ayahnya kembali ke Stockholm pada tahun 1858. Keduanya mencoba untuk menjinakkan peledak nitrogliserin cair kekerasan. Pada tahun 1863, Alfred bergabung dengan ayahnya, dan pada tahun itu ia berhasil meledak nitrogliserin pada akan dengan memulai ledakan dengan muatan mesiu. Pada tahun 1865 ia memperkenalkan raksa detonator marah, kunci semua bahan peledak kemudian tinggi. Nobel dipatenkan penemuan dan mengatur tentang pemanfaatan itu. Bekerja untuk pembuatan nitrogliserin Stockholm didirikan dekat dan Hamburg, dan minyak peledak tersebut dikirim di seluruh dunia. Nobel pada tahun 1866 mengunjungi Amerika Serikat dan mendirikan pabrik-pabrik di New York dan San Francisco.
Sementara itu, di Eropa kritik perusahaan Nobel mounting menghadapi berbagai ledakan yang timbul dari nitrogliserin kecelakaan dalam perjalanan atau penyimpanan. Nobel telah meramalkan kesulitan dan sedini 1864 telah mencoba menyerap cairan sensitif dalam padatan berpori, termasuk kieselguhr. Bahan ini mengurangi efisiensi peledakan oleh seperempat, tapi ledakan yang dihasilkan adalah padat, plastik, dan relatif tidak sensitif terhadap guncangan fisik atau termal. Ini dinamit, dipatenkan pada 1867. Penemuan baru sangat bersemangat untuk dieksploitasi dan industri seluruh dunia didirikan. Pada tahun 1875 datang gelignite, campuran nitroselulosa dan nitrogliserin, dan pada tahun 1887 ballistite, mirip dengan gelignite, diproduksi dalam menanggapi permintaan militer untuk propelan, tanpa asap proyektil lambat terbakar. Ini penemuan terakhir besar Nobel, tapi sepanjang hidupnya ia memperbaiki pada mereka semua di detail, dipatenkan mereka, dan meninggalkan mereka kepada perusahaan, dengan yang ia sebagai kontak formal sesedikit mungkin.
Dari 1865-1873 Nobel tinggal di Hamburg dan kemudian di Paris sampai 1891, ketika adopsi militer Italia ballistite membuatnya tidak populer di sana. Dia pindah ke San Remo, Italia, di mana ia meninggal pada 10 Desember 1896. Dia benar-benar internasional, perjalanan tak henti-hentinya. Untuk semua prestasinya itu, ia adalah seorang yang pendiam dan pemalu yang membenci publisitas pribadi.
Nobel akan diarahkan bahwa sebagian besar harta warisannya, di atas 33 juta kronor, harus memberikan hadiah tahunan bagi mereka yang, pada tahun sebelumnya, yang paling manfaat manusia dalam lima mata pelajaran tertentu: fisika, kimia, kedokteran, sastra, atau perdamaian. kehendak-Nya terbukti dalam waktu 4 tahun dan dibuat Nobel Foundation. Sebuah Hadiah Nobel adalah salah satu penghargaan tertinggi bahwa seseorang dapat menerima.
 

Tidak ada komentar: